Peluang Usaha Makanan Rumahan

Usaha bisa dengan apa saja, tidak hanya dengan satu atau dua bidang tertentu, kini semua orang semakin mudah membuka usaha dengan adanya perkembangan teknologi. Salah satu peluang usaha yang banyak diminati oleh para perintis usaha adalah usaha makanan.

Bisa kita lihat sendiri, tak hanya mereka yang sudah berjiwa bisnis yang bisa membuka usaha makanan, bahkan artis pun kini banyak yang membuka usaha makanan. Mulai dari berjualan kue-kue kering, brownies hingga restoran.

Banyaknya jenis dan inovasi makanan baru membuat peminat makanan semakin bertambah. Termasuk Anda bisa menjual produk makanan langsung dari rumah Anda. Untuk memulai usaha makanan rumahan tidah selalu membutuhkan banyak modal yang besar.

Dengan keterampilan memasak dan pengetahuan mengenai rasa serta penyajian yang istimewa, anda bisa membuka usaha makanan rumahan. Berikut ini beberapa makanan rumahan yang bisa anda coba.

  1. Membuka Warung Bakso di Depan Rumah

Bakso merupakan salah satu masakan rumahan yang paling banyak digemari. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua semuanya suka dengan bakso. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan ini dengan membuka warung bakso khas anda sendiri.

Dengan cita rasa sendiri yang enak dan lezat untuk dinikmati namun tetap dengan harga yang terjangkau. anda bisa berinovasi supaya bakso anda berbeda dengan bakso lainnya yang sudah lebih dulu ada, sehingga bisa menarik perhatian orang banyak. Contohnya ada bakso Borobudur.

  1. Jualan Nasi Keliling dengan Mobil

Usaha makanan atau minuman dengan menggunakan mobil ini sudah menjadi hal yang popular, banyak para perintis usaha makanan yang menjual makanan produknya dengan menggunakan mobil.

Anda bisa coba menjual makanan rumahan dengan menggunakan mobil, supaya tidak ketinggalan zaman. Seperti menyediakan berbagai masakan, contohnya sayur asem, tempe goreng, tumis kangkung, dan makanan lainnya yang disajikan dengan menggunakan nasi.

  1. Menjual Sop Daging Sapi

Pengolahan daging sapi yang lumayan membuang waktu ini bisa anda manfaatkan dengan membuka warung sop daging sapi. Sop yang hangat serta daging yang lembut dan juga rasa yang nendang di mulut akan menarik calon pembeli atau pelanggan untuk datang.

  1. Nasi Goreng

Usaha makanan beikutnya ada nasi goreng. Nasi goreng ini biasanya dapat kita temukan dengan mudah saat sore menjelang malam hari atau bahkan hingga petang. Biasanya pada waktu malam orang sungkan untuk melakukan aktivitas masak hanya untuk makan satu atau dua orang.

Mereka akan lebih memilih untuk keluar dan membeli makanan yang ada didekat rumah mereka. Anda bisa mencoba menjual nasi goreng keliling dengan bumbu khas anda dengan rasa yang enak dan lezat.

  1. Pesmol Ikan

Banyakanya peminat makanan pedas di Indonesia ini membuat banyak peminat pesmol ikan bertebaran. Paduan antara bumbu pesmol yang harum dengan cabai rawit, membuat masakan yang satu ini memiliki rasa asam yang gurih dan juga pedas yang menarik untuk dicicipi.

  1. Bakpao karakter

Anda juga bisa mencoba berbisnis produk kuliner yaitu bakpao karakter dari rumah. Dengan karakteristik produk yang unik dan rasanya yang enak, menjual bakpao karakter bisa menjadi keuntungan tersendiri. Anda bisa menjualnya kepada tetangga di sekitar perumahan, menyewa stand di dekat rumah, atau menjajakannya di kantin-kantin sekolah.

peluang-usaha-makanan-rumahan

Banyaknya aktivitas diluar rumah membuat beberapa orang lebih memilih untuk membeli makanan rumahan di warung atau resto, sehingga peluang usaha makanan rumahan ini merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan.

Apalagi jika masakan anda sudah terkenal dengan rasanya yang enak, lezat dan tak akan tertandingi, berita dari mulut ke mulut dari tetangga anda tentu akan menjadi sumber keuntungan yang cukup untuk usaha makanan anda.

Cara mempromosikan usaha makanan rumahan juga sangat mudah mengingat perkembangan dunia logistik online yang sudah semakin memudahkan.

Contoh yang paling mudah adalah go-food dan grabfood.

Anda bisa coba mendaftarkan usaha kuliner rumahan Anda ke platform tersebut agar bisa ditemukan dengan mudah oleh pelanggan yang ada di dekat lokasi Anda. Proses pendaftarannya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal perlu membuka websitenya dan mencari link pendaftaran mitra go-food/grabfood.

Jika sudah ramai, Anda mulai bisa membuka akun media sosial seperti instagram agar usaha Anda menjadi lebih dikenal lagi oleh para calon konsumen. Jangan lupa untuk rajin upload proses pengiriman makanan ke konsumen atau membuat story yang berisikan aktivitas kegiatan usaha Anda.

Anda juga bisa melakukan branding usaha Anda dengan membuat spanduk pengenal kecil berisikan nama brand usaha dan menu yang tersedia. Selain berguna untuk dipajang di medsos, juga mempermudah para driver yang menjemput menu makanan dari usaha Anda.

Demikian berbagai tips peluang usaha makanan rumahan yang mungkin bisa Anda langsung coba. Dan ingat, dalam usaha kuliner yang paling penting adalah produk, produk dan produk.

Tidak peduli seberapa bagusnya branding yang Anda lakukan, jika produk kuliner Anda tidak enak, maka sudah pasti akan menjadi bumerang bagi brand usaha Anda.

Meskipun usaha rumahan, pastikan produk dan pelayanan yang Anda sajikan prima sehingga Anda bisa bertumbuh.

Banyak orang yang awalnya usaha rumahan sampai akhirnya bisa membuka restoran sendiri lho. Selama tekun, disiplin, dan yakin pasti bisa. Termasuk Anda yang membaca ini.

Sukses selalu!

By |2019-05-20T17:00:01+07:00May 20th, 2019|Peluang Usaha Makanan|Comments Off on Peluang Usaha Makanan Rumahan

About the Author:

Karapao merupakan bakpao yang dibuat dalam berbagai bentuk yang lucu dan unik. Bahan yang dipakai aman dan bebas bahan pengawet. Karapao bisa dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.