Peluang usaha makanan minuman laris di Indonesia

Dunia kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Hal ini karena seluruh manusia membutuhkan makan dan minum setiap hari. Entah itu hanya untuk bertahan hidup atau pun memuaskan keinginan untuk makan makanan tertentu saja. Intinya, makanan akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh manusia.

Melihat hal ini, tentu Anda sebagai pebisnis harus bisa memanfaatkan fenomena tersebut di atas. Ya, benar sekali. Anda harus segera memutuskan untuk mencoba membuka usaha kuliner, entah itu makanan saja, minuman saja, atau keduanya.

Banyak sekali peluang usaha makanan minuman yang bisa Anda coba ambil kesempatannya, terutama di Indonesia. Lidah orang Indonesia yang cocok dengan berbagai jenis makanan, baik dalam maupun luar negeri, menjadikan peluang usaha ini menjadi semakin menggiurkan karena banyak variasi jenis makanan ataupun minuman yang bisa Anda coba jual kepada masyarakat.

peluang usaha makanan unik

 

Jika Anda mahir membuat makanan Indonesia, ada pasarnya. Jika Anda bisa membuat atau menyediakan makanan luar negeri, ada juga pasarnya di Indonesia.

Tentu saja, makan tidak lengkap tanpa adanya minum. Maka jika Anda ingin memiliki nilai lebih di mata konsumen, sebaiknya Anda juga menyediakan minuman di tempat usaha Anda.

Selain berfungsi sebagai pelengkap, minuman juga bisa menjadi salah satu alat untuk melakukan upselling sehingga nilai per transaksi pada usaha Anda meningkat.

Anda bisa mencoba membuat paket tertentu dengan menggabungkan menu makanan dan minuman secara bersamaan sehingga harga satuan per itemnya menjadi lebih tinggi. Nantinya ini akan banyak berpengaruh pada pendapatan usaha Anda. Hal ini juga dilakukan oleh banyak restoran mulai dari restoran kecil sampai restoran yang besar sekalipun karena memang cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan omzet.

Nah sekarang, kira-kira apa saja makanan dan minuman yang bisa dikombinasikan ketika kita ingin memulai sendiri usaha kita? Simak beberapa contohnya di bawah ini:

 

  1. Bakso, es teh dan es campur

Kombinasi ketiga di atas merupakan kombinasi paling legendaris di Indonesia. Bakso merupakan makanan favorit berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Anda bisa lihat sendiri banyaknya warung bakso yang ada di sekitar Anda. Kelihatannya persaingan ketat, tapi sadar atau tidak, ternyata semuanya memiliki konsumen yang tentu saja jumlah konsumen antara warung satu dan yang lainnya berbeda karena faktor rasa dan kenyamanan menjadi penentu utama.

Dan berbicara mengenai bakso tidak lengkap tanpa menyebutkan menu es teh dan es campur. Kedua jenis minuman tersebut sudah menjadi ikon khusus bagi para penikmat bakso di seluruh nusantara. Seperti ada yang kurang ketika ada warung bakso tanpa kedua menu minuman di atas.

Beberapa tips jika Anda ingin membuka warung bakso:

  • Jangan ragu untuk membuat bakso berkualitas, meskipun harganya nanti menjadi lebih tinggi, kebanyakan konsumen saat ini lebih menyukai membayar lebih tapi rasanya lezat daripada murah tapi tidak enak. Apalagi jika warung baksonya berada dekat perumahan kelas menengah ke atas.
  • Perhatikan sirkulasi udara. Banyak warung bakso enak tapi sedikit pengunjungnya karena tempatnya yang panas dan gerah sehingga tidak nyaman rasanya makan di sana.
  • Sediakan tempat parkir minimal untuk beberapa motor karena salah satu alasan orang enggan ke warung bakso adalah karena tidak tersedianya parkiran untuk kendaraan mereka.

 

  1. Takoyaki, okonomiyaki, matcha (teh jepang)

Jajanan khas Jepang ini tumbuh cukup pesat di dunia kuliner nusantara. Anda bisa dengan mudah menemukan jajanan ini di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota.

Takoyaki merupakan bulatan adonan khas jepang berisikan daging gurita pada umumnya, dengan topping saus takoyaki yang khas dan serutan ikan cakalang yang lezat. Sedangkan okonomiyaki adalah pizza ala Jepang yang toppingnya banyak didominasi oleh sayur-sayuran. Saus yang digunakan untuk okonomiyaki pun sama dengan saus yang digunakan untuk takoyaki.

Namun untuk minumnya jangan sampai salah. Supaya lebih sesuai sediakan minum yang juga berasal dari Jepang. Dalam hal ini yang paling mudah adalah teh Jepang atau yang lebih dikenal sebagai matcha.

 

  1. Bakpao dan milkshake

Makanan tradisional tionghoa ini juga banyak peminatnya di Indonesia. Anda bisa membuka booth yang menjual bakpao dan juga milkshake.

Isian bakpao saat ini juga tidak hanya berupa daging cincang, tetapi juga coklat, keju, kacang hijau, kacang merah, dan lainnya sehingga konsumen tidak bosa mencicipi makanan ini.

Anda juga bisa mencoba menjual bakpao karakter Karapao karena bakpao ini memiliki keunikan tersendiri. Bentuknya yang dibuat seperti boneka dengan berbagai warna-warni yang menarik, menjadikan bakpao karakter ini berbeda dari yang lain.

Sedangkan untuk milkshake, pastikan milkshakenya tidak terlalu manis. Kontrol penggunaan gulanya dan pastikan membuat takaran standar sehingga jika Anda memiliki karyawan untuk menjaga booth kadar gulanya akan selalu sama.

Demikian beberapa contoh peluang usaha makanan minuman yang bisa Anda coba sebagai bisnis Anda.

Sekali lagi, pilihlah usaha yang memang produknya benar-benar enak karena tidak peduli seberapa cantiknya tempat usaha Anda, kalau rasanya tidak enak maka konsumen tidak akan pernah kembali. Wajib enak.

By |2019-05-24T11:25:27+07:00May 24th, 2019|Uncategorized|Comments Off on Peluang usaha makanan minuman laris di Indonesia

About the Author:

Karapao merupakan bakpao yang dibuat dalam berbagai bentuk yang lucu dan unik. Bahan yang dipakai aman dan bebas bahan pengawet. Karapao bisa dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.